Minggu, 08 Mei 2016

Kuliner Pasar Pathuk, Jogjakarta

Sego Langgi Mbak Muna



Oke, kita mulai menjelajahi daerah pasar Pathuk. Di salah satu pasar yang cukup terkenal di Jogja ini ternyata lumayan banyak loh makanan enak dan bahkan kuliner uniknya. 




Salah Satunya adalah Sego Langgi (Nasi Langgi), Sego Langgi adalah Nasi Gurih (mirip Nasi uduk di jakarta, tapi tidak dimasak pakai daun salam) Nasi yang dimasak dengan rempah, santan dan Asam jawa dan asalnya dari Solo. Langgi itu artinya mirip dengan Topping. Nah inilah istimewanya, topping atau Langginya biasa berupa Empal (Daging Sapi yang diungkep dengan rempah lalu digoreng) Dendeng, Abon sapi, Bihun Goreng, Keripik Kentang, Suwiran Telur Dadar, aneka daging, Sate Sapi dan yang harus ada yaitu SAMBAL!! Sambalnya enak bener!!! musti pake apalagi yang suka pedas!




Dimana letaknya Sego Langgi Mbak Muna ini? Mudah sekali menemukannya, karena Sego Langgi Mbak Muna dijajakan pas di pintu masuk samping Pasar Pathuk yang mengarah ke Jalan Beskalan. Paling mudah jika cari pasar Pathuk saja. Jika dari Jalan malioboro, masuk ke Jalan Beskalan pas samping sesudah Ramai Mall, terus saja sekitar 350 meter, maka pasar pathuk dengan warna dominan hijau akan terlihat di sebelah kanan anda dan Warung Sego Langgi mbak Muna akan bisa anda temukan. 



Menu andalannya apa? Jelas Nasi Kuningnya, ditambah PerkedelKeripik KentangAbon SapiEmpalSerundeng jadi favorit saya. harganya pun sangat murah disesuaikan dengan toppingnya. dijamin tidak bikin kantong jebol deh.

Nasi Langgi Mbak Muna buka pagi hari, dari jam 06.00 wib sampai 09.00 wib biasa dijajakan sampai habis saja. kalau ke Pasar pathuk pagi-pagi, jangan sampai lupa mampir ya.


Nasi Tim, Kantin Lima Dua 



(halal, tapi terletak di sebelah penjual Sate Babi yang memanggang Sate langsung ditempat, mungkin jadi tidak nyaman untuk kawan-kawan Muslim)

Salah satu menu wajib jika saya mampir ke Pasar Pathuk. Kantin Lima Dua yang menjajakan Nasi Tim, Bakpao, Susu Kacang (Susu Dele) dan Aneka Kue. Warung yang dimiliki Pasangan dari Ambon ini tepat berdiri di seberang Nasi Langgi Mbak Muna, jadi tidak perlu saya terangkan lagi yah arah kesananya.

Terus, apa yang spesial? Saya sangat suka dengan Nasi Tim ayamnya, disajikan hangat hangat, dengan kuah kaldu. Cocok untuk Sarapan Pagi. Nasinya tidak benyek, harum dan gurih, potongan daging ayamnya juga enak, kasih sambel, makin mantap! Harganya murah pula. biasa saya bawa 20 ribu bisa bawa beberapa kue termasuk Bakpao Keju-nya yang endes banget dimakan sama Kopi. Disebelahnya ada tante yang jualan Sate Babi dan Sosis Babi, bisa dijadikan tambahan menu Nasi Timnya yang tentunya akan menambah mantep rasanya. Ncen wuenak lah.



Setup Jambu Pasar Pathuk



Minuman unik khas Jogja, air gula dimasak dengan rempah dan ketika sudah didinginkan lalu diberikan sepotong daging Jambu Biji merah, Diminum hangat sangat enak untuk teman sarapan, nonton atau baca koran. 

Setup Jambu. dijajakan oleh Tante LaoShi (baca: Laose, artinya Guru) yang berjualan di dalam Pasar Pathuk. arahnya dari Pintu samping yang ada Sego Langgi Mbak Muna, langsung masuk saja kedalam, lewati pertigaan pertama, sampai tikungan kedua Kios Tante LaoShi ada di pojok kiri tikungan tersebut. Disana dijajakan berbagai macam kue dan panganan, namun yang spesial ya Setup Jambu ini, jika kita datang pagi-pagi, Setupnya masih hangat dan enak sekali. Lengkap dengan potongan buah jambu merah menambah segarnya minuman khas Jogja yang sudah jadul ini. 

Mau variasi lain? taruh Setup jambu dalam gelas, kasih Es Batu, Jadi Es Setup Jambu yang menyegarkan. harganya juga murah pake banget. Jika main ke daerah Pathuk, saya rekomendasikan untuk ke pasar Pathuk dan cari Setup Jambu ini, jika dapat, foto dan bagikan kesaya ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar